RSS

From Bangkok To Koh Samui By Bus

Wah.. blog posting pertama.. saya isi dengan catatan perjalanan yang saya ingat dulu ya hehe..


Dari Bangkok ke Koh Samui, saya beranikan untuk naik bus. Maklum, selain terjangkau, waktu perjalanan juga lebih lama, jadi kami bisa sambil melihat-lihat pemandangan sekitar.. Dari Hotel (Kami menginap di Hotel Legacy, daerah Sukhumvit), kami berangkat dengan taksi ke Bus Station sekitar jam 07:30 pagi, perjalanan kurang lebih 15menit, ongkos taksi dari Hotel Legacy ke Bus Station 195Baht, dengan kurs rupiah 330 per 1Baht, jadi kira2 Rp.64350,-

Setelah sampai di stasiun kami langsung naik eskalator satu lantai, dan di lantai tersebut tidak berapa lama kami menemukan loket yang menjual tiket bus ke Koh Samui. Gampang kok, tinggal baca tulisan di depan loket :P Berhubung kami sudah search duluan dari google etc, akhirnya kami ambil bis nomor 99 (bus ini menurut saya paling aman dan belum pernah ada review kurang menyenangkan sejauh ini). Harga tiket 1030Baht, jadi total untuk berdua 2060Baht. Kurs Rupiah ke Baht 330, jadi kira2 harga tiket per person Rp. 339900,- Tiket ini sudah termasuk Ferry dan Makan (di tengah perjalanan bis akan berhenti di tempat makan, makan berupa prasmanan, WC umum lumayan banyak, jadi tidak akan mengantri lama, dan yang lebih penting lagi, WC-nya bersih! :D Kalau dibandingkan, sebenarnya hampir sama saja deh seperti bus di Indonesia, contohnya dari Malang ke Bandung dengan bus, pasti bus berhenti juga di tempat makan).

Setelah dapat tiket kami langsung ke arah terminal bus (turun satu lantai), waktu itu bus nomor 99 ada di Plat 36. Berangkat on time, dan perjalananan memang lumayan lama sih, tapi saya sempat tidur beberapa kali jadi tidak begitu terasa hehehe...

Kira-kira sore hari kami sampai di Donsak Ferry Port, dari situ bis berhenti dan penumpang semua turun dari bis, sambil menunggu ferry berjalan jalan di sekitar pelabuhan..


Perjalanan dengan ferry lumayan menyenangkan, karena kami dapat tempat duduk di dekat jendela dan bisa pesan makanan (pop mie), penumpang juga tidak terlalu banyak, jadi kami bisa pakai satu meja (6 kursi) hanya untuk berdua :)

Akhirnya sekitar jam 22:00(10malam), kami sampai juga di Koh Samui Port. Disini juga sama seperti di Indonesia, begitu barang-barang penumpang diturunkan, portir sudah menunggu berebutan mencari pelanggan, satu hal penting yang harus diingat adalah jangan sampai hilang pandangan anda dari bus, karena dari ferry penumpang keluar port dengan berjalan kaki, dan bus menyusul kemudian. Sebelumnya, sempatkan untuk mencatat nomer plat bus (kalau saya lengkap dengan foto plat nomer dan bisnya biar lebih gampang lagi mencarinya nanti hehehe) karena saya sempat melihat penumpang yang panik karena lupa bus-nya yang mana (karena banyak bus yang sama).

Dari pelabuhan kami langsung ambil taksi karena sudah malam, dan begitu sampai di hotel, langsung check in, dan langsung pingsan kecapekan, rencana semula untuk jalan-jalan dulu seputar hotel batal :P Waah...Benar-benar perjalanan yang melelahkan...Sekarang waktunya istirahat supaya besok pagi energi sudah penuh lagi. See you in the morning, Koh Samui.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar